Mengejar publikasi di Jurnal Bereputasi Internasional

 

Dalam rangka meningkatkan produktivitas publikasi karya ilmiah hasil penelitian dosen di lingkungan Fakultas Kehutanan UGM, Unit Riset Fakultas Kehutanan telah menyelenggarakan kegiatan Workshop Peningkatan Penulisan Ilmiah Terindeks Scopus pada tanggal 3 s.d. 5 Agustus 2018 di Solo. Workshop ini merupakan workshop batch kedua setelah sebelumnya diselenggarakan pada tanggal 27 s.d. 29 April 2018 di Magelang Jawa Tengah.

Kegiatan workshop penulisan ilmiah ini dipandang perlu untuk diselenggarakan secara kontinyu karena sesuai dengan komitmen Fakultas Kehutanan UGM yang menetapkan jargon tahun 2018 adalah “Tahun Menulis”.
Acara workshop dibuka oleh Dekan Fakultas Kehutanan Dr. Budiadi, S.Hut., M.Agr.Sc. yang menyatakan bahwa Fakultas Kehutanan memandang kegiatan ini positif dan mendorong dosen untuk lebih rajin menulis karya ilmiah dalam rangka meningkatkan publikasi baik dalam jurnal internasional dan atau jurnal lain yang bereputasi.
Sebanyak 21 peserta workshop secara seksama mengikuti seluruh sesi paparan materi oleh Narasumber dan sesi pendampingan penulisan manuskrip oleh Reviewer yang telah ditunjuk.

Sesi pertama dengan tema “Aplikasi Pengelolaan Pustaka pada Penulisan Ilmiah” disampaikan oleh Emma Soraya, S.Hut, M.For., Ph.D. sedangkan sesi kedua dengan tema “Perspektif Editor dalam Proses Penilaian Naskah Publikasi Terindeks Scopus” disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Yusuf Sudo Hadi, M.Agr. yang merupakan Guru Besar Fakultas Kehutanan IPB dan tema ketiga dengan tema “Tips dan Strategi Publikasi pada Jurnal Terindeks Scopus” disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Pertanian UGM Prof. Ir. Y. Andi Trisyono, M.Sc., Ph.D. kemudian untuk tema “Pemaparan dan Skema Peningkatan Reputasi Akademik melalui Peningkatan Publikasi Terindeks Scopus” disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerjasama Fakultas Kehutanan UGM, Dr. Muhammad Ali Imron, S.Hut., M.Sc. Selain pemaparan oleh para narasumber yang juga menjadi reviewer, kegiatan ini juga melibatkan Dr. Satyawan Pudyatmoko, S.Hut., M.Sc. sebagai reviewer. Para reviewer secara intensif mendampingi peserta workshop untuk memberikan masukan-masukan dalam manuscript yang telah disusun.