Fasilitas

1. PERPUSTAKAAN

Perpustakaan menempati gedung Unit 1 Fakultas Kehutanan UGM lantai 3 yang terdiri atas 4 ruang dengan luas total 286 m2, 150 m2 untuk ruang buku dan ruang baca; 54m2 untuk ruang administrasi, 55 m2 ruang komputer dan administrasi, 54 m2 ruang pemrosesan dan ruang tamu. Meja dan kursi yang tersedia mampu menampung 60 orang pengunjung dalam waktu yang bersamaan.

Buku-buku yang tersedia, sebagian boleh dipinjam, tetapi ada buku-buku yang hanya dapat dibaca di dalam perpustakaan misalnya referensi, tesis, disertasi, skripsi, prosiding seminar, buku cadangan dan majalah ilmiah dalam dan luar negeri.

Sistem yang dipakai dalam pengelolaan perpustakaan adalah sistem terbuka. Mahasiswa dapat memilih dan mengambil buku sendiri di rak buku yang tersedia untuk dibaca di dalam ruang baca. Buku yang akan dipinjam harus dicatatkan terlebih dulu pada bagian sirkulasi. Tas, jaket dan barang lain tidak diperkenankan dibawa masuk ke dalam ruang baca. Mahasiswa dapat menitipkan sementara barang-barang tersebut pada bagian sirkulasi buku.

Di dalam perpustakaan tersedia juga software ISIS ver.2.3. dan CD ROM katalog pustaka luar negeri, sehingga mahasiswa dapat menelusuri paper/ makalah dan jurnal luar negeri terutama Journal of Forestry.Untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa maka dibuka jam peminjaman waktu sore hari pada waktu menjelang ujian semesteran, yaitu pukul 14.00 sampai pukul 17.00. Di samping perpustakaan Fakultas, biasanya Dosen-dosen juga mempunyai koleksi buku yang dapat dipinjam dengan persyaratan khusus. Mahasiswa juga dapat meminjam buku pada Perpustakaan Pusat Universitas, Perpustakaan Pasca Sarjana dan perpustakaan fakultas-fakultas lain di lingkungan Universitas Gadjah Mada.

 

2. LABORATORIUM (Lab.)

a. Bagian/ Jurusan Manajemen Hutan

i. Lab. Komputasi/ Biometrika Hutan.

Ketua : Ir. Budi Murdawa

Lab. ini menyajikan matakuliah dan praktikum statistika I dan II, Ilmu Ukur Kayu, Analisis Sistem, Program Linier dan AGNPS. Laboratorium juga menyediakan layanan pengolahan data percobaan dan penelitian. Mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas di laboratorium Komputasi dan Biometrika untuk mengolah Pembangunan Kehutanan, Nilai Ekonomi Hutan dan Lingkungan. Praktikum yang diselenggarakan oleh Lab ini adalah untuk matakuliah Analisis Ekonomi Pembangunan Kehutanan.

 

ii. Lab. Sistem Informasi Spatial dan Pemetaan Hutan

Ketua : Drs.H. Senawi,MP.

Lab. ini menyajikan kuliah dan praktikum untuk matakuliah: penginderaan jauh, penafsiran foto udara, fotogrametri, pengukuran dan pemetaan, kartografi, GIS, dan tata guna lahan. Lab ini juga menyediakan layanan pengolahan dan interpretasi data penginderaan jauh, penyusunan basis data spasial, pembuatan peta, serta kajian tata guna lahan dan hutan. Jasa layanan tersebut dapat juga diberikan kepada masyarakat atau instansi lain yang berkepentingan.

 

iii. Lab. Perencanaan Pembangunan Hutan

Ketua : Dr. Ir. Ris Hadi Purwanto, M.Agr.Sc.

Lab. Perencanaan Pembangunan Hutan (PHH) menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu bidang perencanaan hutan, kehutanan sosial dan manajemen hutan, serta menyelenggarakan kegiatan praktikum dan praktek inventarisasi dan perencanaan hutan.

 

iv. Lab. Pemanenan Hasil Hutan

Ketua : Dr. Nunuk Supriyatno, M.Sc.

Lab. Pemanenan Hasil Hutan (PHH) menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu PHH, meliputi matakuliah Pemanenan Hasil Hutan (PHH), mesin-mesin PHH, Keteknikan Hutan dan Perencanaan PHH serta kegiatan praktikum dalam matakuliah PHH, Mesin-mesin PHH dan Keteknikan Hutan.

 

v. Lab. ekonomi Sumberdaya Hutan

Ketua : Dr. Ir. Wahyu Andayani, M.S.

Lab. Ekonomi Sumberdaya Hutan (ESDH) menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu kelompok Ekonomi Sumberdaya Hutan, meliputi matakuliah ESDH, Analisis Ekonomi Pembangunan Kehutanan, Nilai Ekonomi Hutan dan Lingkungan, Pemasaran Hasil Hutan dan Pembelanjaan Perusahaan Hutan. Praktikum yang diselenggarakan oleh Lab ini adalah untuk matakuliah Analisis Ekonomi Pembangunan Kehutanan.

 

b. Jurusan Budi Daya Hutan

i. Lab. Silvikultur

Ketua : Prof. Dr. Ir. Muh. Sambas Sabarnurdin, MSc.

Lab. Silvikultur  menyelenggarakan pengajaran, penelitian, dan pengembangan ilmu-ilmu Silviikultur, meliputi perkuliahan dan praktikum Silvikultur, Silvika, Agroforestry, Silvikultur Intensif (Silvikutur Hutan Tanaman), Silvikultur Hutan Alam, dan Teknik Persemaian.

 

ii. Lab. Perlindungan dan Kesehatan Hutan.

Ketua : Prof. Dr. Ir. S.M. Widyastuti, M.Sc.

Lab. Perlindungan dan Kesehatan Hutan menyelanggarakan pengajaran, penelitian, dan pengembangan ilmu-ilmu Perlindungan Hutan, meliputi perkuliahan dan praktikum Dasar-Dasar Perlindungan Hutan, Ilmu Hama Hutan, Ilmu Penyakit Hutan, Penggembalaan Hutan, Kebakaran Hutan, Serangga Bereguna, Kesehatan Hutan, Jasad MIkro Non-Patogenik, dan Gulma Hutan.

 

iii. Lab. Pemuliaan Pohon

Ketua : Ir. W. W. Winarni, M.P.

Lab. Pemuliaan Pohon menyelenggarakan pengajaran, penelitian, dan pengembangan ilmu-ilmu Pemuliaan Pohon, meliputi perkuliahan dan praktikum Pemuliaan Pohon Hutan, Genetika Hutan, Teknologi Benih, dan Propagansi Makro-Mikro.

 

iv. Lab. Fisiologi Pohon

Ketua : Dr. Ir. Haryono Supriyo, M. Agr.

Lab. Fisiologi Pohon menyelenggarakan pengajaran, penelitian, dan pengembangan ilmu-ilmu Fisiologi Pohon, Mikrobiologi Hutan, Biokimia, Bioteknologi Hutan, Ilmu Tanah Hutan, Praktikurn Kesuburan Tanah, Klasifikasi Tanah, dan Biologi Tanah.

 

v. Lab. Dendrologi

Ketua:

Lab. Dendrologi menyelenggarakan pengajaran, penelitian, dan pengembangan ilmu-ilmu Dendrologi, Arsitektur Pohon, dan Fitogeografi.

 

c. Jurusan Teknologi Hasil Hutan

i. Lab. Struktur dan Sifat Kayu

Ketua : Harry Praptoyo, S. Hut., M.P.

Lab. ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu dibidang: Anatomi dan Identifikasi Kayu, Fisika kayu, Mekanika kayu, dan Ilmu Kayu.

 

ii. Laboratorium Kimia dan Serat Kayu.

Ketua : Dr.Ir. Sri Nugroho Marsoem, M.Agr.

Lab. ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu dibidang: Kimia kayu, Pulp dan Kertas, serta Papan Serat

 

iii. Laboratorium Pengeringan dan Pengawetan Kayu.

Ketua : Tomy Listyanto, S. Hut., M.Env.Sc.

Lab. ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu di bidang: Pengeringan kayu dan Pengawetan kayu.

 

iv. Laboratorium Hasil Hutan Non Kayu.

Ketua : Ir.Kasmudjo, M.S.

Lab. ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu dibidang Pengolahan Hasil Hutan Non Kayu, Monokotil (Rotan), dan Bambu.

 

v. Laboratorium Penggergajian dan Papan Majemuk.

Ketua : Prof. Dr.Ir. T.A. Prayitno, M.For. Ph.D.

Lab. ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu dibidang: Penggergajian kayu, Pengendalian mutu hasil hutan, Perekatan dan Komposit Kayu, Finishing Kayu.

 

vi. Laboratorium Energi Biomasa

Ketua : Dr. Ir. J.P. Gentur Sutapa., M.Sc.

Lab.ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian,dan pengembangan ilmu dibidang Energi Biomasa.

 

d. Jurusan Konservasi Sumber Daya Hutan

i. Laboratorium Pengelolaan Daerah Aliran Sungai.

Ketua : Ir. Supriyandono, M. Sc.

Lab. ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu dibidang Pengelolaan Daerah aliran Sungai, serta menyelenggarakan kegiatan praktikum, dalam mata kuliah Konservasi Tanah dan Air, Hidrologi Hutan, Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, dan Pengembangan Wilayah Berabsis DAS.

 

ii. Laboratorium Kepariwisataan Alam.

Ketua : Ir. Retno Nur Utami, M.P.

Lab. ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu dibidangKepariwisataan Alam serta menyelenggarakan praktikum dan praktek dalam mata kuliah Keperiwisataan Alam, AMDAL, Etika dan Hukum Lingkungan, Ekowisata, Perhutanan Kota, Permodelan Kepariwisataan Alam, Perencanaan Pariwisata Alam, Pemasaran Pariwisata, dan Pengelolaan Lanskap.

 

iii. Laboratorium Pengelolaan Satwa Liar.

Ketua : Dr. Ir. Djuwantoko, M.Sc.

Lab. ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu dibidang Pengelolaan Satwa Liar serta menyelenggarakan praktikum dan praktek dalam mata kuliah Dasar-dasar Pengelolaan Satwa Liar, Riset dan Manajemen Satwa Liar, Perilaku Satwa Liar, Konservasi Genetika Satwa Liar,  Konservasi  Fauna Langka.

 

iv. Laboratorium Ekologi Hutan.

Ketua : Prof. Dr. Ir. Djoko Marsono.

Lab. ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu dibidang Ekologi Hutan, serta menyelenggarakan praktikum dan praktek dalam mata kuliah Ekologi Hutan, Dasar-dasar Ekologi Ekosistem, Ekologi Perairan, Pencemaran Lingkungan, dan Dasar-dasar Ekologi Kuantitatif.

 

v. Laboratorium Pelestarian Alam.

Ketua: Ir. Lies Rahayu W. F, M.P.

Lab. ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu dibidang Pelestarian Alam serta menyelenggarakan praktikum dan praktek dalam mata kuliah Dasar-dasar Konservasi Sumberdaya Hutan, Komunikasi Informasi Kehutanan, Keanekaragaman Hayati, Interpretasi Lingkungan dan Pendidikan Konservasi, Penyuluhan KSDH, serta Pengelolaan Kawasan Konservasi.

 

3. Laboratorium/Kampus Lapangan

Selain dilengkapi dengan lab-lab yang ada di dalam kelas/ ruang, Fakultas Kehutanan juga dilengkapi dengan lab-lab yang ada di lapangan atau lebih dikenal dengan "kampus lapangan", sehingga mahasiswa akan lebih mudah melakukan praktek dan penelitian secara langsung.

Kampus Lapangan yang ada adalah:

  • Kampus Lapangan Hutan Pendidikan Wanagama I., terletak di daerah Banaran, Gading, Gunung Kidul, sekitar 36 km ke arah selatan dari Yogyakarta. Hutan Pendidikan ini didirikan semenjak tahun 1966 seluas 10 hektar lalu secara perlahan berkembang hingga kini mencapai 600 hektar. Fasilitas yang tersedia cukup memadai sebagai penyelenggaraan latihan pendidikan dan penelitian.Fasilitas yang ada adalah ruang kelas sebanyak 5, auditorium yang mampu menampung 1000 orang, ruang rapat, sidang,kios telepon SJJ maupun SLI, asrama untuk 250 mahasiswa, perpustakaan, persemaian, rumah kaca, plot penelitian untuk Silvikultur, Agroforestry maupun Pemuliaan Pohon, dll. Hutan Pendidikan Wanagama juga merupakan salah satu pusat penelitian bidang Pemuliaan Pohon di Indonesia, karena awal‑awal penelitian mengenai Pemuliaan Pohon berada di kawasan ini, yang sekarang telah mencapai lebih dari 100 plot percobaan mengenai berbagai aspek Pemuliaan Pohon seperti: uji spesies, uji provenans, uji progeni, uji hasil hibridisasi berbagai macarn jenis yang digunakan sebagai kornoditas HTI. Disamping itu kawasan ini juga merupakan tempat konservasi ex‑situ berbagai macam jenis tanaman baik yang berasal dari jawa, luar Jawa maupun luar negeri.

  • Kampus lapangan Getas Ngawi, terletak sekitar 12 km dari Banjarharjo di tepi jalan Solo‑Madiun‑Surabaya. Fasilitas yang ada adalah auditorium, kamar dan ruang belajar untuk 70 orang mahasiswa. Kampus lapangan berada di tengah kawasan hutan jah dan digunakan sebagai wahana praktek umum mahasiswa bidang menejemen hutan jati. Setiap mahasiswa Fakultas Kehutanan akan melakukan Praktek Umum di lokasi ini selama kurang lebih 1 bulan. Kampus ini juga telah dimanfaatkan oleh mahasiswa kehutanan dari PTN atau PTS lain di luar UGM seperti Universitas Mulawarman Universitas Lambung Mangkurat, dll.

  • Kampus Lapangan Silva Gama, Muara Tebo, terletak 25 km dari Pluara tebo di tepi jalan raya Jambi ‑ Muara Bungo, dapat dicapai dengan jalan darat langsung atau dari kecamatan Muara Tebo bisa menggunakan ferry penyeberangan sungai. Kampus lapangan ini dimanfaatkan sebagai tempat Praktek Umum tentang hutan alam hujan tropis basah. Setiap mahasiswa harus menempuh praktek ini kurang lebih seiama 1 bulan. Fasilitas yang ada adalah asrama yang mampu menampung 100 orang mahasiswa, di lengkapi dengan rumah kaca, persemaiaan jenis‑jenis pohon hutan hujan topika, pengamat curah hujan/iklim, arboretum, dll. Luas hutan yang dikelola adalah 28.000 hektar. Berbagai plot penelitian mengenai menejemen pengelolaan hutan tropis basah milik staf edukatif Fakultas Kehutanan berada di kawasan ini. Kampus ini juga digunakan sebagai "base‑camp" peneliti-peneliti kerjasama UGM‑KEEC Jepang, ICRAF, CIFOR, dll.