Rimbawan yang Menginspirasi

Mengelola hutan indonesia yang kaya dengan keanekaragaman hayati sekaligus sarat ancaman bagi kelestariannya membutuhkan motivasi yang kuat dan semangat mengabdi yang tinggi. Sharing pengalaman mengurus hutan dengan berbagai kemudahan dan kendalanya memegang peran penting dalam menginspirasi rimbawan-rimbawan muda calon pengelola hutan Indonesia.

Mengelola hutan artinya mengelola keragaman baik keragaman kekayaan alam maupun keragaman masyarakat yang senantiasa saling berinteraksi, demikian disampaikan oleh Ir. Wiratno, M.Sc., Direktur Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem Kemetrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Kuliah Umum bagi mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM.

Bertempat di Auditorium Fakultas Kehutanan UGM pada hari Kamis 24 Agustus 2017, Dosen Tamu yang juga alumni Fakultas Kehutanan UGM tersebut terus menginspirasi dengan menyampaikan pengalaman-pengalaman yang telah didapat sepanjang mengabdi sebagai Rimbawan di lingkungan Kementrian Lingkungan hidup dan Kehutanan dan bergelut dengan berbagai persoalan yang dihadapi dalam mengelola hutan Indonesia. Membawakan kuliah umum berjudul Terobosan (baru) Urus Hutan (Konservasi) di Indonesia dan menyajikan diskusi interaktif dengan mahasiswa serta membagikan sejumlah buku karya yang menjadi inspirasi bagi rimbawan-rimbawan muda calon pengelola hutan Indonesia di masa yang akan datang.
Salah satu karakter khas Ir Wiratno, M.Sc. sepanjang pengabdiannya kepada hutan Indonesia adalah produktif menghasilkan buku-buku yang menjadi rujukan bagi inovasi kelola hutan Indonesia khususnya Hutan Konservasi. Menulis buku adalah bekerja untuk keabadian, demikian pernyataannya mengutip Pramudya Ananta Toer. (Humas Fkt.)