Laboratorium

Fakultas Kehutanan UGM memiliki 20 laboratorium sebagai sarana penunjang keberhasilan program pendidikan dan mutu lulusan. Laboratorium yang ada dikelola dan diampu masing-masing jurusan. Surat Kepututsan Rektor Universitas Gadjah Mada No. 375/P/SK/HT/2011 tanggal 15 Agustus 2011, telah disetujui nama – nama laoratorium yang ada di lingkungan Fakultas Kehutanan UGM sebagai berikut : A.      Bagian Manajemen Hutan
  • Lab. Perencanaan Pembangunan Hutan. Menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu bidang perencanaan hutan, kehutanan sosial dan manajemen hutan, serta menyelenggarakan kegiatan praktikum dan praktek inventarisasi dan perencanaan hutan.
  • Lab. Ekonomi Sosial  Kehutanan. Menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu kelompok Ekonomi Sumberdaya Hutan, meliputi matakuliah ESDH, Analisis Ekonomi Pembangunan Kehutanan, Nilai Ekonomi Hutan dan Lingkungan, Pemasaran Hasil Hutan dan Pembelanjaan Perusahaan Hutan. Praktikum yang diselenggarakan oleh Lab ini adalah untuk matakuliah Analisis Ekonomi Pembangunan Kehutanan.
  • Lab. Komputer Biometrika Hutan. Menyajikan matakuliah dan praktikum statistika I dan II, Ilmu Ukur Kayu, Analisis Sistem, Program Linier dan AGNPS. Laboratorium juga menyediakan layanan pengolahan data percobaan dan penelitian. Mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas di laboratorium Komputasi dan Biometrika untuk mengolah Pembangunan Kehutanan, Nilai Ekonomi Hutan dan Lingkungan. Praktikum yang diselenggarakan oleh Lab ini adalah untuk matakuliah Analisis Ekonomi Pembangunan Kehutanan.
  • Lab. Pemanenan Hasil Hutan. Menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu PHH, meliputi matakuliah Pemanenan Hasil Hutan (PHH), mesin-mesin PHH, Keteknikan Hutan dan Perencanaan PHH serta kegiatan praktikum dalam matakuliah PHH, Mesin-mesin PHH dan Keteknikan Hutan.
  • Lab. Sistem Informasi Spatial dan Pemetaan Hutan. Menyajikan kuliah dan praktikum untuk matakuliah: penginderaan jauh, penafsiran foto udara, fotogrametri, pengukuran dan pemetaan, kartografi, GIS, dan tata guna lahan. Lab ini juga menyediakan layanan pengolahan dan interpretasi data penginderaan jauh, penyusunan basis data spasial, pembuatan peta, serta kajian tata guna lahan dan hutan. Jasa layanan tersebut dapat juga diberikan kepada masyarakat atau instansi lain yang berkepentingan.
  B.      Bagian Silvikultur
  • Lab. Silvikultur dan Agroforestry. Menyelenggarakan pengajaran, penelitian, dan pengembangan ilmu-ilmu Silviikultur, meliputi perkuliahan dan praktikum Silvikultur, Silvika, Agroforestry, Silvikultur Intensif (Silvikutur Hutan Tanaman), Silvikultur Hutan Alam, dan Teknik Persemaian.
  • Lab. Perlindungan dan Kesehatan Hutan. Menyelanggarakan pengajaran, penelitian, dan pengembangan ilmu-ilmu Perlindungan Hutan, meliputi perkuliahan dan praktikum Dasar-Dasar Perlindungan Hutan, Ilmu Hama Hutan, Ilmu Penyakit Hutan, Penggembalaan Hutan, Kebakaran Hutan, Serangga Bereguna, Kesehatan Hutan, Jasad MIkro Non-Patogenik, dan Gulma Hutan.
  • Lab. Pemuliaan Pohon. Menyelenggarakan pengajaran, penelitian, dan pengembangan ilmu-ilmu Pemuliaan Pohon, meliputi perkuliahan dan praktikum Pemuliaan Pohon Hutan, Genetika Hutan, Teknologi Benih, Dendrologi, Fitogeografi Pohon, Arsitektur Pohon, Herba dan Perdu, dan Propagansi Makro-Mikro.
  • Lab. Fisiologi Pohon dan Tanah Hutan. Menyelenggarakan pengajaran, penelitian, dan pengembangan ilmu-ilmu Fisiologi Pohon, Mikrobiologi Hutan, Biokimia, Bioteknologi Hutan, Ilmu Tanah Hutan, Praktikum Kesuburan Tanah, Klasifikasi Tanah
    C.      Bagian Teknologi Hasil Hutan
  • Lab. Struktur dan Sifat Kayu. Lab. ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu dibidang: Anatomi dan Identifikasi Kayu, Fisika kayu, Mekanika kayu, dan Ilmu Kayu.
  • Laboratorium Kimia dan Serat Kayu. Lab. ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu dibidang: Kimia kayu, Pulp dan Kertas, serta Papan Serat
  • Laboratorium Pengeringan dan Pengawetan Kayu. Lab. ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu di bidang: Pengeringan kayu dan Pengawetan kayu.
  • Laboratorium Penggergajian dan Papan Majemuk. Lab. ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu dibidang: Penggergajian kayu, Pengendalian mutu hasil hutan, Perekatan dan Komposit Kayu, Finishing Kayu.
  • Laboratorium Hasil Hutan Non Kayu. Lab. ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu dibidang Pengolahan Hasil Hutan Non Kayu, Monokotil (Rotan), dan Bambu.
  • Laboratorium Energi Kayu. Lab.ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian,dan pengembangan ilmu dibidang Energi Biomasa.
  D.      Jurusan Konservasi Sumber Daya Hutan
  • Laboratorium Ekologi Hutan. Lab. ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu dibidang Ekologi Hutan, serta menyelenggarakan praktikum dan praktek dalam mata kuliah Ekologi Hutan, Dasar-dasar Ekologi Ekosistem, Ekologi Perairan, Pencemaran Lingkungan, dan Dasar-dasar Ekologi Kuantitatif.
  • Laboratorium Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Lab. ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu dibidang Pengelolaan Daerah aliran Sungai, serta menyelenggarakan kegiatan praktikum, dalam mata kuliah Konservasi Tanah dan Air, Hidrologi Hutan, Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, dan Pengembangan Wilayah Berabsis DAS.
  • Laboratorium Kepariwisataan Alam. Lab. ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu dibidangKepariwisataan Alam serta menyelenggarakan praktikum dan praktek dalam mata kuliah Keperiwisataan Alam, AMDAL, Etika dan Hukum Lingkungan, Ekowisata, Perhutanan Kota, Permodelan Kepariwisataan Alam, Perencanaan Pariwisata Alam, Pemasaran Pariwisata, dan Pengelolaan Lanskap.
  • Laboratorium Pelestarian Alam. Lab. ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu dibidang Pelestarian Alam serta menyelenggarakan praktikum dan praktek dalam mata kuliah Dasar-dasar Konservasi Sumberdaya Hutan, Komunikasi Informasi Kehutanan, Keanekaragaman Hayati, Interpretasi Lingkungan dan Pendidikan Konservasi, Penyuluhan KSDH, serta Pengelolaan Kawasan Konservasi.
  • Laboratorium Satwa Liar. Lab. ini menyelenggarakan pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu dibidang Pengelolaan Satwa Liar serta menyelenggarakan praktikum dan praktek dalam mata kuliah Dasar-dasar Pengelolaan Satwa Liar, Riset dan Manajemen Satwa Liar, Perilaku Satwa Liar, Konservasi Genetika Satwa Liar,  Konservasi  Fauna Langka.